Siapa Penemu Adobe Photoshop? Simak Di Sini!

Siapa Penemu Adobe Photoshop? Simak Di Sini!

    ILMU-INTERNET.COM - Di era sekarang siapa sih yang tidak mengenal aplikasi untuk mengolah gambar yang satu ini, manfaatnya dalam dunia desain digital begitu sangat membantu. Yaps, aplikasi itu bernama Adobe Photoshop. Meskipun kalian tidak dalam mengoperasikannya, nama Adobe Photoshop tentu tidak lagi asing di telinga kalian. Bahkan laptop yang lelet sekalipun bisa mengoperasikan Adobe Photoshop, asalkan menggunakan versi yang sesuai untuk kemampuan laptop itu sendiri.

    Tapi ngomong-ngomong, pernahkah terlintas dalam benak teman-teman tentang siapa penemu adobe photoshop? Jika kalian ingin tahu lebih lanjut mengenai tentang sejarah singkat adobe photoshop, maka sangat dianjurkan bagi teman-teman untuk membaca artikel ini sampai selesai.

    Apa itu Adobe Photoshop?

    Sejarah Singkat Adobe Photoshop
    Sejarah Singkat Adobe Photoshop

    Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu Adobe Photoshop, Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak untuk menyunting gambar yang diproduksi oleh Adobe Inc. Karena begitu kaya akan fitur, aplikasi ini dijadikan sebagai standarisasi dalam mengedit gambar, di mana pada aplikasi ini memungkinkan untuk memanipulasi sebuah foto dan meningkatkan hasil dari kualitasnya

    Perangkat lunak yang berbasis bitmap umumnya dipakai oleh para desainer grafis untuk menggabungkan gambar, mengubah pewarnaan, hingga memberikan efek-efek tertentu pada foto yang sedang diedit tersebut.

    Sejarah Singkat Adobe Photoshop

    Thomash Knoll Penemu Photoshop
    Thomash Knoll

    Aplikasi Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi untuk mengolah gambar berbasis bitmap, di mana aplikasi Adobe Photoshop ini awal mulanya diciptakan oleh seorang mahasiswa PhD dari Universitas Michigan yang bernama Thomash Knoll di tahun 1987. Pada waktu itu Thomash Knoll mulai merancang programnya pada Machintosh Plus miliknya, hal itu dikarenakan operasi sistem Windows di era itu belum banyak menarik perhatian orang-orang seperti sekarang ini.

    Awalnya Thomash Knoll merancang program yang berfungsi menampilkan sebuah gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini disebut dengan Display. Melihat hal itu, sauadaranya Thomas Knoll yang bernama John Knoll merasa tertarik dengan program yang sedang dikerjakan Thomas Knoll. Hingga akhirnya John Knoll memberikan saran kepada Thomas Knoll untuk menjadikan program Display tadi menjadi aplikasi penyunting gambar sepenuhnya.

    Nama dari program Display pun akhirnya diganti dengan nama ImagePro, namun karena ada suatu kendala akhirnya membuat Thomash Knoll mengganti nama aplikasinya menjadi Photoshop. Jadi dari sini bisa disimpulkan, bahwa penemu adobe photoshop adalah Thomash Knoll dan John Knoll.

    Setelah melakukan pergantian nama menjadi Photoshop, Thomash Knoll kembali melanjutkan presentasi program Photoshop ke Silicon Valley dan di sana dia menemui seorang insinyur dari perusahaan Apple yang juga merupakan seorang direktur bidang seni di Adobe, orang itu bernama Russel Brown. 

    John Knoll Penemu Photoshop
    John Knoll

    Berkat persentasi Thomash Knol yang mengesankan, akhirnya Adobe membeli lisensi Photoshop untuk kemudian didistribusikan pada bulan September 1988. Photoshop 1.0 merupakan versi yang pertama yang dirilis di tanggal 19 Februari 1990 untuk Mac atau Machintos yang merupakan jenis komputer yang diproduksi oleh Apple.

    Dan setelah perilisan awal, program ini terus mendapatkan peningkatan dari segi warna di setiap rilisnya, hingga menjadikan Photoshop sebagai standar industri dalam hal penyuntingan warna digital. Pada saat itu Photoshop yang dibuat untuk Macintosh itu dijual dengan harga $385, sampai akhirnya Seetharaman Narayanan yang merupakan seorang kepala aristek Adobe memindahkan aplikasi Photoshop ke operasi sistem Microsoft Windows di tahun 1993 dan hal itu membuat jangkauan penjualan Photoshop melaju pesat.

    Melihat begitu pesatnya jangkauan penjualan aplikasi Photoshop, akhirnya Adobe memutuskan untuk membeli hak paten aplikasi Photoshop dari tangan Thomas Knoll dan juga John Knoll dengan harga $32,5 juta di setiap royalti penjualan di setiap salinannya.

    Penutup


    Nah, itulah tadi pembahasan mengenai sejarah Adobe Photoshop dan Penemu AdobePhotoshop yang sudah kita bahas secara singkat. Jadi jika kamu merasa sudah mendapatkan informasi baru jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke sosial kalian ya, supaya ilmu internet ini semakin bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih sudah membaca!

    0 komentar