Kepunahan Windows 8: Sejarah dan Akhir dari Sistem Operasi Kontroversial

Juni 07, 2023

Kepunahan Windows 8: Sejarah dan Akhir dari Sistem Operasi Kontroversial

ILMU-INTERNET.COM - Ada yang tahu tentang Windows 8? Windows 8 adalah sistem operasi yang kontroversial yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 2012. Meskipun diharapkan untuk menjadi langkah maju bagi Microsoft, Windows 8 menghadapi banyak kritik dan tantangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah Windows 8, tantangan yang dihadapinya, dan akhir yang terjadi pada sistem operasi yang kontroversial ini.

Latar Belakang Windows 8

Kepunahan Windows 8
Table of Contents

Windows 8 diluncurkan sebagai langkah inovatif dan revolusioner oleh Microsoft. Sistem operasi ini menampilkan antarmuka yang dikenal sebagai "Metro" yang didesain untuk memberikan pengalaman yang seragam di berbagai perangkat, termasuk PC, tablet, dan ponsel. Windows 8 juga memperkenalkan layar Mulai baru yang menggantikan menu Start tradisional dengan tampilan mosaik dinamis. Ini adalah upaya Microsoft untuk mengikuti tren perangkat sentuh dan menyatukan pengalaman antara perangkat yang berbeda.

Tantangan dan Kritik


Meskipun memiliki visi yang ambisius, Windows 8 menghadapi tantangan yang signifikan. Salah satu kritik utama adalah perubahan antarmuka yang drastis dari versi Windows sebelumnya, yang membuat pengguna menghadapi kesulitan dalam beradaptasi. Banyak pengguna tradisional Windows menganggap antarmuka Metro yang ditujukan untuk perangkat sentuh sebagai tidak intuitif dan membingungkan.

Selain itu, kurangnya kompatibilitas dengan aplikasi dan perangkat keras lama menjadi kendala besar. Banyak aplikasi Windows yang sudah ada tidak kompatibel dengan Windows 8, dan pengguna mengalami kesulitan dalam menemukan aplikasi pengganti yang sesuai.

Akhir dari Windows 8


Windows 8 tidak mampu mencapai kesuksesan yang diharapkan oleh Microsoft. Tanggapan yang kurang positif dari pengguna dan kegagalan dalam mencapai adopsi yang signifikan menyebabkan Microsoft melakukan pembaruan besar pada sistem operasi tersebut.

Pada tahun 2013, Microsoft merilis pembaruan besar bernama Windows 8.1, yang membawa beberapa perubahan dan perbaikan yang signifikan. Pembaruan ini membawa kembali tombol Start yang familiar dan memperbaiki beberapa masalah dan kritik yang ada.

Namun, akhir dari Windows 8 yang sesungguhnya datang pada tahun 2015 dengan peluncuran Windows 10. Windows 10 adalah evolusi dari Windows 8, menggabungkan fitur yang disukai oleh pengguna Windows sebelumnya dengan beberapa perubahan baru yang lebih baik. Windows 10 dengan cepat diterima oleh pengguna dan menjadi sistem operasi yang sukses bagi Microsoft.

Penutup


Windows 8 adalah sistem operasi kontroversial yang menghadapi tantangan besar dan akhirnya mengalami kepunahan. Kritik terhadap perubahan antarmuka yang drastis dan kurangnya kompatibilitas aplikasi dan perangkat keras menjadi faktor utama dalam kegagalan Windows 8. Akhirnya, dengan peluncuran Windows 10, Microsoft berhasil mengatasi kegagalan Windows 8 dan melanjutkan perjalanan mereka dengan sistem operasi yang lebih sukses.

Sekian pembahasan tentang kegagalan Windows 8 yang berakhir dengan berakhirnya dukungan layananan, jangan lupa untuk baca artikel lainnya di situs Ilmu-Internet ini ya!

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments