Selain Google Chrome Aplikasi Apa Yang Serupa Dengannya? Cari Tahu Di Sini!

ILMU-INTERNET.COM - Selain google chrome aplikasi apa yang serupa dengannya? Sebenarnya ada banyak jenis aplikasi browser selain Chrome yang bisa kalian gunakan sebagai alternatif. Dan pada artikel kali ini kita akan membahasnya dengan singkat mengenai tentang macam-macam browser untuk PC yang aman untuk digunakan.

Apa itu Aplikasi Browser?

Aplikasi selain google chrome
Table of Contents

Apa itu browser? Browser adalah sebuah software yang berfungsi untuk membuka sebuah halaman situs internet. Dengan aplikasi web browser ini lah yang membuat pengguna bisa berselancar di internet dan mencari informasi atau data apa saja yang diperlukan.

Web browser sendiri ditemukan pertama kali oleh Tim Berners-Lee di tahun 1990, awalnya diberi nama WorldWideWeb tapi kemudian namanya diubah menjadi Nexus. Tapi browser grafis yang lebih banyak digunakan dan membantu menaikan popularitasnya ke internet adalah NCSA Mosaic.

Untuk era modern sekarang orang-orang lebih banyak mengenal Google Chrome sebagai browser, tapi tahukah kalian jika ada aplikasi selain google chrome?

Nah Jika saat ini kalian sedang bertanya-tanya “Selain Google Chrome Aplikasi Apa Yang Serupa Dengannya?”, berikut ini adalah beberapa daftar browser terbaik dan tercepat selain Google Chrome yang bisa kalian coba:

  1. Mozilla Firefox
  2. Maxthon
  3. UC Browser
  4. Opera
  5. Vivaldi

Dari kelima browser di atas, pada artikel kali ini kita hanya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari browser Mozilla Firefox dan juga browser Maxthon.

Mozilla Firefox


Mozilla Firefox adalah browser saingan terkuat bagi Google Chrome. Browser besutan Mozilla Foundation ini tercipta pada tahun 2002 dengan nama awalnya adalah Phoenix, tapi seiring berjalannya waktu namanyapun berganti menjadi Mozilla Firefox. 

Keunggulan dari Mozilla Firefox

  • Bebas Iklan – Mozilla Firefox mempunyai fitur Mode Turbo yang bisa menangkal bermacam-macam iklan yang mengganggu, dan ini bisa membuat kalian akan merasa nyaman saat berselancar di internet tanpa adanya gangguan dari iklan yang menjengkelkan.
  • Fitur Reader View – Dengan fitur Reader View akan membuat kalian yang gemar membaca menjadi jauh lebih nyaman ketika menggunakan fitur ini saat membaca. Karena dengan fitur Reader View, Mozilla Firefox akan menampilkan halaman hanya berupa tulisan atau text saja.
  • Terdapat banyak jenis Add Ons – Hampir serupa dengan browser Google Chrome, Mozilla Firefox juga menyediakan berbagai macam aneka ekstensi yang bisa mendukung produktivitas kalian dalam berselanjar di Internet.

Kekurangan dari Mozilla Firefox

Tidak bisa melanjutkan pengunduhan otomatis – Saat kalian mendownload file bersamaan dengan browsing sana-sini, terkadang itu akan membuat pengunduhan file kalian akan tersendat bahkan bisa terhenti.

Menghabiskan begitu banyak memori PC – Ini merupakan kelemahan utama browser Mozilla Firefox, jika kalian menggunakan PC dengan spek rendah maka harus dipertimbangkan lagi untuk menggunakan browser ini.

Maxthon


Browser asal China ini belum cukup populer di Indonesia jika dibandingkan dengan Google Chrome dan Mozilla Firefox, padahal browser Maxthon ini mempunyai keunggulan dari segi kecepatannya.

Keunggulan dari Maxthon

Unggul dalam kecepatan – Browser Maxthon dapat membuka berbagai halaman situs dengan cepat, hal itu karena browser Maxthon menjaga performa Personal Computer agar bisa memberikan stabilitas koneksi internet.

  • Irit memori – Tidak seperti browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, browser Maxthon sangat irit dalam penggunaan memori.
  • Bisa diinstall di berbagai Operasi Sistem – Browser Maxthon hampir bisa diinstal di berbagai sistem Operasi yang ada saat ini, seperti Android, Linux, Windows dan Mac OS X.

Kekurangan dari Maxthon

  • Tidak banyak Adds On yang tersedia – Jika dibandingkan dengan Google Chrome dan Mozilla Firefox, satu-satunya kekurangan dari browser Maxthon adalah tidak tersedianya koleksi ekstensi yang mumpuni.

Penutup


Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai aplikasi browser selain Chrome, yang mana siapa tahu para pembaca situs Ilmu-Internet ingin mencicipi browser-browser alternatif yang sudah disebutkan di atas tadi. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan sungkan untuk membagikannya ke sosial media kalian ya!

0 comments

Post a Comment