Cara Clear Cache HP Samsung? Mudah Kok!

Juli 26, 2022

Cara Clear Cache HP Samsung? Mudah Kok!

ILMU-INTERNET.COM -  Sedang mencari cara clear cache HP Samsung? Kalau benar, kalian sudah mendarat di situs yang tepat! karena pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai hal tentang apa itu cache dan bagaimana cara membersihkan cache di HP Samsung.

Jadi, pastikan kamu membaca artikel tentang cache ini sampai selesai ya!

Apa itu cache aplikasi?

Clear Cache HP Samsung
Table of Contents

Apa itu cache aplikasi? Cache menurut KBBI adalah sebuah memori singgahan. Dan sesuai dengan namanya, file ini biasanya berisikan data sementara yang dapat berupa gambar hasil unduhan di internet, data password, dan berbagai data lainnya yang bertujuan untuk mempermudah sistem atau aplikasi saat sedang beroperasi.

Manfaat cache aplikasi


Seperti yang sudah disinggung di atas, cache diciptakan untuk mempermudah sistem dalam beroperasi. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat dari cache:

  • Dapat mempercepat sistem – Manfaat utama dari penggunaan cache adalah dapat meningkatkan atau mempercepat kinerja sistem. 
  • Mempermudah akses – Dengan adanya cache dapat mempermudah pengguna saat menggunakan aplikasi yang diakses secara online, terutama sewaktu koneksi internetnya terputus.
  • Bisa menghemat data – Dengan menggunakan cache, sistem tidak lagi harus meminta informasi yang sama kepada server terus menerus . 

Kekurangan cache aplikasi


Meskipun sangat amat bermanfaat, ternyata cache memiliki sisi kekurangan di antaranya adalah:

  • Menghabiskan storage – Meskipun berukuran kecil, bila data ini dibiarkan menumpuk maka akan menghabiskan ruang penyimpanan pada perangkat kalian.
  • Memperlambat akses update – Saat kalian mengakses website yang sama, kalian akan disuguhkan data cache oleh aplikasi browser yang sedang kalian gunakan. Padahal mungkin website yang sedang kalian tuju itu sudah update atau sudah mengalami perubahan.
  • Dapat membuat aplikasi menjadi error – Terkadang dalam penyimpanan data cache, sering terjadi error dan membuat datanya menjadi corrupt. Dan hal ini dapat menyebabkan aplikasi menjadi error.

Cara Clear Cache HP Samsung


Setelah kalian mengetahui manfaat dan kekurangan cache yang sudah kita baha di atas, maka tibalah kita di pembahasan tentang cara clear cache HP Samsung. Alih-alih bisa mempercepat kinerja sistem, ternyata jika membiarkan cache itu menumpuk terlalu lama akan membuat perangkat samsung kalian menjadi lemot.

Dan berikut adalah cara hapus cache samsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

  • Pertama, kalian buka menu pengaturan di smartphone Samsung kalian.
  • Lalu carilah menu “Penyimpanan” atau “Perawatan Perangkat”
  • Kemudian silakan klik tombol “Optimalkan Sekarang” yang terdapat pada menu di layar tersebut.
  • Dan setelah itu sistem akan membersihkan cache di HP Samsung secara otomatis.

Dan selain cara di atas, kalian bisa hapus cache di HP Samsung dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti CC Cleaner atau aplikasi penghapus cache tambahan lainnya yang bisa kalian download di Google Playstore.

Penutup


Nah, itulah pembahasan singkat mengenai cara membersihkan file sampah di HP Samsung yang bisa kalian terapkan supaya perangkat kesayangan kalian itu terbebas dari yang namanya lemot. Jadi, jika kalian merasa mendapatkan ilmu baru dari situs Ilmu-Internet maka jangan sungkan untuk membagikannya di sosial media kalian ya!

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments