Begini Cara Melihat Prosesor Laptop, Simak Di Sini!

August 24, 2022

Begini Cara Melihat Prosesor Laptop, Simak Di Sini!

ILMU-INTERNET.COM – Kalian sedang mencari cara melihat prosesor laptop? kebetulan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara cek processor laptop dan apa saja langkah yang harus yang dilakukan untuk mengetahui jenis prosesor yang tertanam di laptop kalian itu.

Jadi, pastikan untuk membacanya artikel tentang prosesor ini sampai selesai ya! Agar informasi yang kamu dapatkan tidak setengah-setengah.

Apa itu Prosesor?

cara melihat prosesor laptop
Table of Contents

Apa yang dimaksud dengan prosesor? Perangkat prosesor adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi sebagai otak pada komputer yang bertugas untuk memproses dan pemegang kendali kerja komputer, dan tentu saja untuk melakukan tugas itu prosesor berkerja sama dengan perangkat komputer lainnya. 

Apa fungsi dari prosesor


Fungsi dari prosesor adalah bertugas sebagai otak dari sebuah komputer yang memungkinkannya melakukan proses kalkulasi dan fungsi lainnya yang terkait dengan proses program apa pun yang ada di perangkat komputer tersebut. 

Prosesor dapat mengubah informasi yang sebelumnya memang sudah dimasukkan dalam bentuk kode biner yang berupa dari 0 dan 1. Setelah proses diubah selesai, informasi yang diubah tadi akan masuk ke komponen CPU menggunakan ALU (Unit dari Logika Aritmetika) untuk melakukan sebuah operasi matematika ataupun logika.

Cara melihat Prosesor Laptop


Untuk melihat tipe prosesor pada laptop sebenarnya sangat mudah, dan di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pengecekan tersebut.

Mengunakan aplikasi DXDIAG


DXDIAG adalah aplikasi bawaan dari Windows, dan nama resmi dari aplikasi ini sebenarnya DirectX Diagnostic Tool. Dengan aplikasi yang sudah tertanam di Windows ini, kalian bisa melihat spesifikasi beberapa perangkat yang digunakan pada komputer tersebut.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi DXDIAG? Gampang kok, Kalian tinggal cari melalui kolom pencarian windows yang ada di menu start atau kalian bisa lewat shortcutnya dengan cara tekan tombol Windows + R lalu ketikan “DXDIAG”. Lalu setelahnya tinggal tekan enter maka akan muncul beberapa informasi termasuk di dalamnya tentang tipe prosesor yang sedang digunakan.

Menggunakan aplikasi tambahan


Untuk melihat prosesor laptop kalian bisa juga menggunakan aplikasi tambahan yang akan dituliskan di bawah ini nantinya. Keunggulan menggunakan salah satu dari aplikasi yang disebutkan ini adalah informasi yang ditampilkan lebih lengkap dibandingkan menggunakan DXDIAG.

Berikut adalah aplikasi yang digunakan untuk melihat prosesor laptop ataupun PC :

  1. CPU-Z
  2. TuneUp Utilities
  3. Advanced System Care
  4. Speccy
  5. PC Wizard
  6. HWM Blackbox
  7. HWiNFO
  8. ASTRA 32

Daftar aplikasi cek processor laptop di atas akan diperbarui secara berkala apabila di kemudian hari saya menemukan aplikasi untuk mengecek jenis proses yang lainnya. 

Penutup


Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai cara melihat processor laptop yang bisa kalian coba, dan semoga artikel dari situs Ilmu-Internet kali ini bisa membuat teman-teman menambah wawasan baru ya!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda