Cara Membuka File ZIP Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

Agustus 31, 2022

Cara Membuka File ZIP Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

ILMU-INTERNET.COM – Sedang mencari cara membuka file ZIP di Android tanpa aplikasi? Atau sedang bingung buat mencari cara membuka file ZIP di HP Oppo? Tenang, kali ini kita akan membahas bagaimana sih caranya membuka file ZIP di HP dengan bantuan aplikasi ataupun juga tanpa menginstal aplikasi apapun.

Jadi, pastikan kamu membaca artikel tentang cara membuka file ZIP di HP Android ini sampai selesai ya!

Cara membuka file ZIP di android tanpa aplikasi

Cara Membuka File ZIP Di Android Tanpa Aplikasi
Table of Contents

Bagaimana cara membuka file Zip di Android tanpa aplikasi? Untuk membuka file ZIP di HP Android tanpa aplikasi sebenarnya caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengunjungi situs https://convertio.co/id/zip-converter/ lalu melakukan proses ekstrak file ZIP di sana.

Berikut cara membuka file ZIP tanpa menggunakan aplikasi:

  1. Kunjungi situs https://convertio.co/id/zip-converter/
  2. Pilih file ZIP yang ingin di ekstrak, lalu tekan tombol “Konversi”
  3. Setelah itu kalian hanya tinggal menunggu proses ekstraknya
  4. Download dan proses Selesai

Cara membuka file ZIP di Android menggunakan aplikasi


Jika dirasa menggunakan cara di atas terlalu ribet, kalian bisa menginstal aplikasi pihak ketiga untuk membuka file ZIP di HP Android kalian. Lalu apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file Zip?

Berikut ini adalah daftar aplikasi membuka ZIP di HP Android yang kalian bisa coba gunakan :

RAR


Siapa yang tidak kenal aplikasi buatan RARLAP yang satu ini?  Dengan tampilan yang sederhana dan tidak ribet seperti aplikasi pembuka file ZIP ataupun RAR lainnya, proses pengompresan ataupun pengekstrakan file pun bisa dilakukan aplikasi ini dengan sangat cepat.


Adapun jenis yang dapat di kompres ataupun diekstrak menggunakan aplikasi ini yaitu ZIP, RAR, GZ, 7z, XZ, bz2, ARJ, dan ISO.

ZArchiver


ZArchiver merupakan aplikasi besutan ZDevs yang dapat melakukan pengarsipan dan juga pengekstrakan dengan berbagai jenis file, termasuk  ZIP, 7z, bz2, gz, tar, dan XZ. Meski tampilannya sederhana, ternyata ZArchiver dibekali dengan fitur Multithreading.

Fitur Multithreading itu sendiri berguna untuk melakukan pengkompresan atau pengekstrakan file dengan waktu yang relatif lebih cepat, dan fitur ini hanya berlaku bagi Android yang punya processor multicore.

ALZip


AlZip merupakan aplikasi buatan ESTSoft yang tidak hanya untuk membuka file ZIP ataupun RAR, tapi juga berfungsi sebagai File Manager. Dengan ALZip pengguna bisa menyalin, menghapus, memindahkan, dan juga merubah nama file dengan mudah dan cepat.

Tapi sayangnya, aplikasi ini membatasi untuk pengoperasiannya jika besar filenya lebih dari 2GB.

Solid Explorer


Aplikasi besutan NeatBytes ini hampir sama dengan ALZip yang berfungsi layaknya seperti File Manager. Solid Explorer dapat membantu kalian untuk membuka file ZIP, RAR, 7Zip di HP Android kalian, jadi kalian bisa mencobanya sendiri.


Aplikasi ini sebenarnya berbayar jika ingin menikmati fitur premiumnya. Tapi meskipun begitu, aplikasi ini tentu akan jauh lebih baik jika dibandingkan aplikasi yang gratisan.

Penutup


Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai cara membuka folder ZIP di HP Android yang bisa kalian coba sendiri. Semoga artikel dari situs Ilmu-Internet kali ini dapat membantu kalian ya, dan seperti biasa jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian!

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments