Game RPG adalah? Cari Tahu Di Sini!

Agustus 09, 2022

Game RPG adalah? Cari Tahu Di Sini!

ILMU-INTERNET.COM – Apa itu game RPG? Game RPG adalah singkatan dari kata Role-Playing Game. Genre game ini biasanya selalu membuat pemainnya memiliki sebuah peran di dalam alur cerita permainannya.

Dan untuk membahas lebih lanjut tentang apa itu game RPG, maka pastikan kamu terus membaca artikel ini sampai selesai ya!

Game RPG adalah

Game RPG Adalah
Table of Contents

Seperti yang sudah dituliskan tadi, RPG adalah singkatan dari Role-Playing Game. Dalam permainan jenis ini, setiap pemain harus menjalankan alur cerita di dalam game serta dituntut untuk menyelesaikan permasalahan di setiap jalan ceritanya agar bisa menamatkan permainannya.

Seperti yang kalian tahu, di era sekarang genre game RPG ini termasuk salah satu yang memiliki banyak peminatnya. Tapi tahukah kalian bagaimana awalnya sejarah genre game RPG bisa se-booming begini? Lanjutkan membacanya untuk mencari tahu lebih lanjut tentang sejarah game RPG.

Sejarah game RPG


Sejarah game RPG dimulai sejak era meledaknya game konsol di era 1980-an, di mana game RPG pertama dirilis lewat platform digital dengan judul Akalabeth: World of Doom. Dan pada era 1980 hingga 1990, konsol Nintendo 8 bit NES dan Atari mengalami masa jaya dan di saat itu mereka menawarkan berbagai game dengan genre RPG yang cukup sukses di pasar game saat itu.

Sebut saja beberapa judul seperti The Legend of Zelda, Crystalis, Final Fantasy dan Dragon Warrior merupakan game yang sangat wajib untuk dimainkan oleh para gamer di seluruh belahan bumi. Dengan kisah khayalan yang begitu epik dan disertai dengan gameplay yang sangat menarik, rasanya tidak heran jika game RPG mendapatkan rasa cinta oleh para penikmatnnya dari dulu sampai sekarang.

Jenis game RPG

Game RPG memiliki jenis atau beberapa golongan pada setiap gamenya, di mana ada beberapa game diklasifikasikan dalam golongan model permainan yang berbeda meskipun game itu tetap RPG secara genre. Dan berikut ini adalah jenis game RPG yang dimaksud itu:

  • RPG Murni : Adalah tipe game RPG yang menjadikan player-nya sebagai pemeran utama dan terikat dengan jalur cerita. Salah satu contoh dari RPG murini adalah game The Elder Scrolls dan Dragon Age Origins.
  • RPG Aksi : Adalah tipe game RPG yang memiliki elemen aksi yang begitu dominan. Salah satu contoh dari game RPG aksi adalah game Diablo.
  • RPG Taktik : Adalah tipe game RPG yang membuat para pemainnya harus bergerak dengan taktis dan juga secara bergantian. Dan salah satu game RPG taktik yang menjadi favorit saya sampai saat ini adalah Final Fantasy Tactics yang sempat rilis di Playstation 1, PSP dan sekarang juga sudah rilis di Android.
  • RPG Kultural : Adalah jenis game RPG yang diproduksi oleh pihak developer berdasakan budaya, contohnya ada RPG barat dan JRPG dari Jepang.
  • MMORPG : MMORPG singkatan dari kata Massively Multiplayer Online Role-Playing Games, di mana dari namanya saja sudah diketahui jika RPG jenis ini dibuat untuk dimainkan secara online dan tentunya multiplayer yang bisa dimainkan bersamaan. Salah satu game MMORPG pertama yang sukses di Indonesia adalah Ragnarok Online.  
  • Fantasi : Ini merupakan tipe RPG yang tidak mewajibkan pemain membuat sebuah karakter, karena di dalam game sudah terdapat jalan cerita fantasi yang bagus. Contoh dari jenis RPG ini adalah game The Legend of Zelda dan Final Fantasy.

Penutup


Nah itulah tadi pembahasan singkat kita tentang apa itu game RPG dan sejarah game RPG, semoga artikel di situs Ilmu-internet ini dapat menambah setidaknya sedikit informasi baru buat kalian ya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments