Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Unlimited Lemot 2022

September 01, 2022

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Unlimited Lemot 2022

ILMU-INTERNET.COM – Sedang mencari cara mengatasi jaringan smartfren unlimited lemot? Atau sedang bingung mengapa internet Smartfren kamu bisa lemot? Tenang, pada artikel kali ini kita akan membahas dengan singkat mengenai cara mengatasi jaringan Smartfren lemot yang sedang kamu alami saat ini.

Jadi pastikan kamu membaca artikel tentang cara mengatasi jaringan smartfren yang lelet ini sampai selesai ya, supaya kamu bisa tahu solusinya!

Penyebab jaringan Smartfren unlimited lemot 2022

Jaringan Smartfren Unlimited Lemot
Table of Contents

Mungkin banyak dari kalian yang akhirnya bisa mampir ke artikel ini karena sedang mengalami gangguan jaringan smartfren unlimited yang lelet, benar kan? Pasti rasanya kesal saat sedang bermain game online di HP ataupun sedang scrolling media sosial tapi sinyalnya sangat lemot.

Nah, kira-kira apa sih sebenenarnya yang menjadi penyebab leletnya jaringan Smartfren ini?

Seperti yang kita tahu Smartfren merupakan salah satu provider telpon seluler yang memiliki tarif internet yang tergolong ramah di kantong, dan hal ini lah yang membuatnya menjadi primadona di kalangan pengguna internet di Indonesia.

Dengan membludaknya pengguna provider ini secara tidak langsung kadang dapat mempengaruhi kecepatan dan kestabilan jaringan yang sedikit terganggu. Tapi selain itu, juga perlu diingat  kalau faktor cangkupan jangkauan sinyal provider di berbagai lokasi turut sangat mempengaruhi kelancaran koneksi internet.

4 cara mengatasi jaringan Smartfren lemot


Jika dirasa faktor lokasi dan jangkauan sinyal provider bukan salah satu yang sedang kamu alami (kamu ada di perkotaan), maka berikut ini adalah 5 cara mengatasi jaringan Smartfren lemot yang bisa kamu coba:

Mengganti jaringan 4G


Langkah ini merupakan langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan Smartfren yang lemot. Caranya dengan membuka opsi pengaturan jaringan yang ada di menu setting hp, lalu ganti settingan yang awalnya dari 3G dan 4G menjadi 4G only (hanya 4G).

Cara ini tentu memiliki kekurangan, yaitu membuat baterai HP kamu akan menjadi boros. Mengapa demikian? Karena HP kamu dipaksa untuk berkerja lebih keras untuk mencari sambungan sinyal 4G.

Memeriksa FUP (Fair Use Policy)


Cara kedua yang bisa kamu pastikan ketika paket smartfren unlimited lemot yaitu dengan memeriksa FUP (Fair Use Policy) dari paket internet tersebut. Karena bisa jadi kamu sudah melampaui batas penggunaan wajar harian, kalau itu terjadi maka rasanya wajar jika kamu akan mengalami penurunan kecepatan internet.

Restart HP


Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan internet Smartfren yang lelet, yaitu dengan cara mematikan lalu menghidupkan kembali HP kamu. Biasanya cara ini secara tidak langsung bisa mengatasi berbagai masalah pada HP kamu seperti halnya koneksi internet yang lelet ini.

Karena saat HP di-restart, secara otomatis HP akan melakukan pembersihan memori dan hal inilah yang bisa memperbaiki malfungsi pada jaringan yang kamu alami. 

Setting APN


Setting APN dapat berguna untuk penghubung jaringan. Lewat APN, jaringan dapat terjadi dan tanpa ada APN maka tidak bisa terhubung ke internet. Bagaimana caranya setting APN Smartfren? caranya mudah, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ke menu setting lalu pilih Cellurar Network
  2. Lalu pilih Access Point Name dan tekan tanda + (plus)
  3. Isikan data berikut : “Name : Smart1  | Number: *98# | username: CDMA (atau bisa juga WAP)

Penutup


Nah itulah tadi 4 cara mengatasi jaringan Smartfren lelet yang bisa kalian coba, semoga setelah membaca artikel dari Ilmu-Internet ini bisa menyelesaikan masalah kamu dan jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke media sosial kamu ya!

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments