Agar Laptop Tidak Lelet, Lakukan 8 Cara Ini!

Agar Laptop Tidak Lelet, Lakukan 8 Cara Ini!

    ILMU-INTERNET.COM – Sudah menjadi rahasia umum jika semakin lama laptop digunakan maka akan semakin turun kinerjanya, mulai dari loadingnya yang melambat atau membuka aplikasi pun tidak lagi secepat dulu. Dan tentunya laptop yang lelet adalah sesuatu yang sangat menyebalkan dan menganggu produktivitas, Benar kan? Pasti kalian sepakat akan hal itu. Lalu, bagaimana cara mengatasi agar laptop tidak lelet

    Tenang saja, untuk mengatasi hal itu maka pembahasan kali ini kita akan memberi tahu 8 cara agar laptop tidak lelet dan di jamin bisa sat-set-sat-set! Jadi untuk itu, pastikan kamu membaca artikel tentang cara mengatasi laptop yang lelet ini ya.

    Penyebab laptop yang lelet

    Agar Laptop Tidak Lelet
    Laptop lelet

    Sebelum mencari tahu cara mengatasi laptop yang lelet, ada baiknya kita sedikit membahas tentang apa saja sih penyebab laptop lelet? Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja laptop dan adapun diantaranya:

    • Bisa jadi karena usia laptop yang sudah dibilang lawas
    • Atau umur hardisk yang cukup tua, yang membuat proses write dan readnya menjadi lama 
    • Cara penggunaan yang sudah melebih batas kemampuan laptop tersebut
    • Terlalu banyak instal aplikasi hingga membuat Drive C (atau tempat penyimpanan sistem) menjadi penuh.
    • Laptop terkena virus

    Nah jika sudah mengetahui tentang penyebab mengapa laptop bisa lelet, sekarang kalian bisa melanjutkan menuju pembahasan tentang cara mengatasi laptop yang lelet di bawah ini.

    Cara agar laptop tidak lelet


    Seperti yang dijelaskan di atas mengenai penyebab laptop yang lelet, maka sesuai kasus tersebut kita akan mencoba mengatasi masalah ini. Mungkin ini tidak bisa membuat laptop kalian 100% mengembalikan kinerja laptopnya seperti dahulu kala ketika awal membelinya, tapi setidaknya 11 cara mengatasi laptop yang lelet ini akan sangat berguna.

    Membersihkan Drive C atau data penyimpanan sistem


    Layaknya seorang manusia jika sudah tua pasti kinerjanya akan menurun, begitu juga dengan laptop dengan masa pakai lebih dari 3 tahun biasanya akan mengalami penurunan kemampuan dalam kinerjanya. Maka dari itu, salah satu cara yang bisa kalian coba untuk sedikit memperbaiki kondisinya dengan cara membersihkan Drive C atau tempat penyimpanan sistem. 

    Beralihlah ke SDD dan tinggalkan HDD

    Gambar SSD Laptop
    Gambar SSD Laptop

    Adapun penyebab laptop berjalan lelet karena dia masih menggunakan HDD sebagai penyimpanan sistemnya. HDD sendiri mempunyai kecepatan yang dibilang relatif lambat, dan lebih-lebih HDD itu sudah berumur makan jangan heran jika laptop kalian di era sekarang lelet seperti keong.

    Maka dari itu baiknya segera beralih ke SSD untuk penyimpanan sistemnya, karena dapat membuat proses booting jadi lebih cepat dan kinerja laptop akan jadi lebih jauh responsif. Namun dibalik keunggulan itu, sayangnya harga SSD terbilang cukup mahal jika dibandingkan HDD. Jadi silakan dipertimbangkan cara ini jika memungkinkan.

    Pakailah aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop


    Salah satu penyebab laptop berjalan lelet adalah adanya kemungkinan saat kita memakai sebuah aplikasi namun ternyata spesifikasi laptop kalian tidak mumpuni untuk menjalankannya. Contohnya saat kalian hendak menginstall sebuah game, pastikan game tersebut memiliki minimum requirement yang cocok dengan laptop yang kamu pakai saat ini agar dapat digunakan dengan lancar.

    Menambah kapasitas RAM


    Seperti yang disinggung di atas, memaksakan aplikasi yang tidak sesuai spesifikasi laptop dapat membuat hardware laptop kalian akan berkerja dengan beban yang sangat berat di mana salah satunya adalah RAM. Jadi jika kalian tetap ingin menggunakan aplikasi yang berat itu maka ada baiknya menambahkan kapasitas RAM terlebih dahulu.

    Namun jangan sembarang menambah RAM, karena mesti dilihat terlebih dahulu spesifikasi RAM (apakah itu RAM DDR3, DDR3L, ataupun DDR4) dan juga kapasitas RAM yang mampu dipakai oleh laptop kalian.

    Menggunakan thermal paste

    Thermal Paste Pada Laptop
    Thermal Paste

    Suhu laptop yang panas dapat menurunkan kinerja laptop itu sendiri, jadi ada baiknya memberikan Thermal Paste untuk menjaga suhu prosesor supaya tidak cepat panas. Karena dengan suhu yang tidak begitu panas atau stabil, itu tentu akan bisa membantu performa laptop kalian tidak cepat lemot.

    Gunakan cooling pad


    Jika sudah menggunakan thermal paste, ada baiknya juga didukung dengan kipas pendingin atau cooling pad agar bisa lebih memastikan suhu laptop tetap stabil supaya performanya juga stabil.

    Pakailah aplikasi pemacu performa laptop


    Laptop yang lemot mungkin saja dikarenakan laptop penuh dengan sampah sistem yang tidak diperlukan. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menginstall sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk membersihkan sampah sistem yang tidak digunakan itu.

    Adapun contoh aplikasi ini adalah CC Cleaner, Advenced System Optimizer, IObit Advanced SystemCare dan masih banyak lagi. Jadi kalian bisa pilih mana yang nyaman untuk kalian gunakan. 

    Pakai Disk Deframent Tools

    Disk Deframent Tools
    Disk Deframent Tools

    Setelah melakukan cara-cara diatas namun laptop masih kurang sat-set-sat-set? Coba lakukan hal ini menggunakan Disk Deframent Tools (lihat gambar). Cara ini masih terbilang jarang dilakukan, namun ada baiknya setelah membaca artikel ini kalian cobalah untuk melakukan hal ini 1-2 bulan sekali dan rasakan manfaatnya.

    Penutup


    Nah itulah tadi tips supaya laptop tidak lelet yang mungkin bisa berguna untuk meningkatkan performa laptop kalian. Dan bila dirasa artikel dari situs Ilmu Internet ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian ya! kalian juga bisa membaca tentang fitur aplikasi WhatsApp terbaru di website ini.,

    0 komentar