Siapa Penemu Adobe Photoshop? Simak Di Sini!

April 22, 2022

Siapa Penemu Adobe Photoshop? Simak Di Sini!

Siapa Penemu Adobe Photoshop?


ILMU-INTERNET.COM - Hai teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang siapa penemu Adobe Photoshop dan sejarah singkat mengenai awal mula terciptanya sebuah aplikasi untuk mengolah gambar yang sangat populer ini. 

Tentu di era sekarang siapa sih yang tidak mengenal aplikasi untuk mengolah gambar yang satu ini, manfaatnya dalam dunia desain digital begitu sangat membantu. Yaps, aplikasi itu bernama Adobe Photoshop. Meskipun kalian tidak dalam mengoperasikannya, nama Adobe Photoshop tentu tidak lagi asing di telinga kalian. Bahkan laptop yang lelet sekalipun bisa mengoperasikan Adobe Photoshop, asalkan menggunakan versi yang sesuai untuk kemampuan laptop itu sendiri.

Apa itu Adobe Photoshop?


Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu Adobe Photoshop, aplikasi Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menyunting atau mengolah gambar yang diproduksi oleh Adobe Inc. Karena begitu sangat kaya akan fitur, aplikasi ini bahkan dijadikan sebagai standarisasi dalam mengedit gambar, di mana pada aplikasi ini memungkinkan untuk memanipulasi sebuah foto dan meningkatkan hasil dari kualitasnya

Perangkat lunak yang berbasis bitmap umumnya dipakai oleh para desainer grafis untuk menggabungkan gambar, mengubah pewarnaan, hingga memberikan efek-efek tertentu pada foto yang sedang diedit tersebut.

Sejarah Singkat Adobe Photoshop

Thomash Knoll Penemu Photoshop
Thomash Knoll

Aplikasi Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi untuk mengolah gambar berbasis bitmap, di mana aplikasi Adobe Photoshop ini awal mulanya diciptakan oleh seorang mahasiswa PhD dari Universitas Michigan yang bernama Thomash Knoll di tahun 1987. Pada waktu itu Thomash Knoll mulai merancang programnya pada Machintosh Plus miliknya, hal itu dikarenakan operasi sistem Windows di era itu belum banyak menarik perhatian orang-orang seperti sekarang ini.

Pada awalnya Thomash Knoll sedang merancang program yang berfungsi menampilkan sebuah gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini disebut dengan Display. Melihat hal itu, sauadaranya Thomas Knoll yang bernama John Knoll merasa tertarik dengan program yang sedang dikerjakan Thomas Knoll. Hingga akhirnya John Knoll memberikan saran kepada Thomas Knoll untuk menjadikan program Display tadi menjadi aplikasi penyunting gambar sepenuhnya.

Nama dari program Display pun akhirnya diganti dengan nama ImagePro, namun karena ada suatu kendala akhirnya membuat Thomash Knoll mengganti nama aplikasinya menjadi Photoshop. Jadi dari sini bisa disimpulkan, bahwa penemu adobe photoshop adalah Thomash Knoll dan John Knoll.

Setelah melakukan pergantian nama menjadi Photoshop, Thomash Knoll kembali melanjutkan presentasi program Photoshop ke Silicon Valley dan di sana dia menemui seorang insinyur dari perusahaan Apple yang juga merupakan seorang direktur bidang seni di Adobe, orang itu bernama Russel Brown. 

John Knoll Penemu Photoshop
John Knoll

Berkat persentasi Thomash Knol yang mengesankan, akhirnya Adobe membeli lisensi Photoshop untuk kemudian didistribusikan pada bulan September 1988. Photoshop 1.0 merupakan versi yang pertama yang dirilis di tanggal 19 Februari 1990 untuk Mac atau Machintos yang merupakan jenis komputer yang diproduksi oleh Apple.

Dan setelah perilisan awal, program ini terus mendapatkan peningkatan dari segi warna di setiap rilisnya, hingga menjadikan Photoshop sebagai standar industri dalam hal penyuntingan warna digital. Pada saat itu Photoshop yang dibuat untuk Macintosh itu dijual dengan harga $385, sampai akhirnya Seetharaman Narayanan yang merupakan seorang kepala aristek Adobe memindahkan aplikasi Photoshop ke operasi sistem Microsoft Windows di tahun 1993 dan hal itu membuat jangkauan penjualan Photoshop melaju pesat.

Melihat begitu pesatnya jangkauan penjualan aplikasi Photoshop, akhirnya Adobe memutuskan untuk membeli hak paten aplikasi Photoshop dari tangan Thomas Knoll dan juga John Knoll dengan harga $32,5 juta di setiap royalti penjualan di setiap salinannya.

Format file Photoshop


Seperti yang sudah kita ketahui, Adobe Photoshop merupakan aplikasi untuk mengolah gambar dan pastilah tentu dia bisa membuka format gambar seperti .PNG, .JPG, .GIF dan lain-lain. Namun selain format-format tersebut, Adobe Photoshop mempunyai format file Photoshop khusus yang bernama .PSD (Photoshop Document).

Penutup


Nah, itulah tadi pembahasan mengenai sejarah Adobe Photoshop dan siapa penemu Adobe Photoshop yang sudah kita bahas secara singkat. Jadi jika kamu merasa sudah mendapatkan informasi baru jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke sosial kalian ya, supaya ilmu internet ini semakin bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih sudah membaca!

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments