Beginilah Cara Mengecek NIK Online, Simak Di Sini!

Juli 16, 2022

Beginilah Cara Mengecek NIK Online, Simak Di Sini!

Cara Mengecek NIK Online
Table of Contents
ILMU-INTERNET.COM – Setiap E-KTP atau KTP elektronik pasti memiliki nomor induk atau NIK yang sudah terdaftar sebelumnya di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mengecek NIK online? Kita akan membahasnya pada artikel ini, jadi pastikan kamu membacanya sampai selesai ya!

Cara mengecek NIK Online


Sebenarnya cara cek KK dan KTP online sebelumnya sudah di siapkan oleh pemerintah melalui website resmi Kemendagri, jadi kalian hanya tinggal perlu memasukan NIK yang kalian miliki maka akan tampil data mengenai KK dan KTP kalian. 

Namun sayangnya setelah saya melakukan pengecekan ke website Kemendagri tepat pada tanggal artikel ini dibuat, menu itu sangat susah ditemukan pada situs itu hingga membuat orang awam akan kebingungan dengan tampilan website Kemendagri tersebut.

Jika kalian mengalami kesulitan serupa maka tenang saja, karena masih ada beberapa cara kok untuk cek No NIK dan KK secara online. Dan berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek nik secara online!

Cara mengecek NIK online melalui email


Untuk melakukan pengecekan NIK onine via email, kalian dapat mengirimkan email dengan format penulisan pesan #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan lalu kemudian setelah itu kirim emailnya ke callcenter.disdukcapil@gmail.com dan biasanya proses ini akan memakan waktu 24 jam baru akan direspon.

Cara mengecek NIK online melalui SMS


Untuk melakukan pengecekan NIK onine via SMS bisa mengirimkan SMS dengan format Cek#KTP#NIK dan kirim pesan tersebut ke nomor resmi di 0815-3636-9999, nomor tersebut adalah nomor resmi untuk melakukan pengecekan NIK secara online yang sudah disediakan oleh disdukcapil Kementrian Dalam Negeri.

Cara mengecek NIK online melalui WhatsApp


Selain menggunakan SMS, cara cek no NIK dan KK secara online yang bisa kalian lakukan selain itu adalah menggunakan aplikasi WhatsApp. Cara ini cukup simpel karena kalian hanya mengirimkan pesan WhatsApp ke 0813-2961-2479 lalu menyampaikan keluhan disertai dengan data sesuai KTP kalian.

Cara mengecek NIK online melalui website Kemendagri


Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, untuk memeriksa NIK secara online bisa kalian lakukan dengan cara mengunjungi langsung situs resmi Kemendagri di https://dukcapil.kemendagri.go.id dan apabila kailian mengalami kendala maka selain itu kalian bisa menghubungi Call Center-nya dengan nomor telepon 1500-537.

Penutup


Nah itulah tadi cara untuk mengecek NIK secara online secara mudah yang bisa kalian lakukan. Semoga artikel dari Ilmu Internet kali ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian. Dan seperti biasa, jangan ragu untuk membagikannya ke sosial media kalian ya supaya teman-teman yang lain juga mendapatkan informasinya!

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments