Apa itu AnyDesk? Simak Penjelasannya Di Sini!

Juli 14, 2022

Apa itu AnyDesk? Simak Penjelasannya Di Sini!

ILMU-INTERNET.COM – Apa itu AnyDesk? AnyDesk adalah sebuah aplikasi remote dekstop yang berfungsi sebagai penunjang kegiatan kerja dari rumah kalian (Work from home). Jika saat ini kalian sedang mencari cara bagaimana cara remote komputer kantor dari rumah, aplikasi AnyDesk merupakan salah satu solusi yang bisa kalian coba. 

Untuk itu pada artikel ini kita akan membahas tentang apa itu AnyDesk dan bagaimana cara menggunakan AnyDesk, kita akan membahasnya sebentar lagi. Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu AnyDesk?

Apa itu AnyDesk?

Table of Contents
Seperti yang sudah diterangkan di atas, AnyDesk adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol komputer dari jarak jauh. Aplikasi yang diterbitkan pada tahun 2014 oleh AnyDesk Software GmbH dari Jerman ini sudah diunduh sebanyak 500 juta kali, adapun basis pelanggan yang menggunakan aplikasi ini ada sebanyak 80.000-an organisasi yang termasuk dari kalangan pemerintah dan lembaga pendidikan, layanan TI, perusahaan media dan berbagai perusahaan yang besar lainnya.

Data itu semua tidak bisa dipungkiri merupakan efek dari kegiatan Work From Home yang dilakukan semenjak wabah Covid-19 terjadi, dan hal ini sudah membuat lonjakan besar dalam bisnis bagi AnyDesk. Bahkan dilaporkan baru-baru ini AnyDesk telah meraup $70 juta dengan penilaian sebesar $660 juta lebih.

Apakah AnyDesk berbayar? Sejatinya kalian bisa download AnyDesk gratis untuk penggunaan individu atau personal, tapi untuk pengguna bisnis kalian dapat membeli layanan yang tersedua dalam berbagai level di mana harganya berkisar mulai dari $10 per bulan. 

Aplikasi AnyDesk sendiri banyak disukai oleh banyak pengguna, dikarenakan fleksibilitasnya dan sangat ringan. Kalian bisa menggunakan aplikasi AnyDesk ini  menggunakan OS Windows, MacOS, Android dan Linux, serta masih dapat digunakan dengan spesifikasi perangkat yang rendah.

Apakah AnyDesk Aman?


Keamanan aplikasi AnyDesk sudah memakai TLS-1.2 yang enkripsinya terautentikasi. Koneksi antara klien pengguna AnyDesk sudah diamankan dengan teknologi AES -256. Sesinya dienkripsi pada titik akhir dan juga datanya pun tidak dirutekan lewat server kepunyaan AnyDesk. 

Dan pada aplikasi AnyDesk dapat membuat “daftar putih” yang itu berarti kalian bisa membuat daftar siapa saja yang diperbolehkan untuk melakukan kontrol terhadap komputer tersebut.

Tapi terlepas itu semua, kalian tetap harus waspada dan memastikan orang yang mengontrol komputermu itu benar-benar bisa dipercaya agar terbebas dari kasus-kasus yang dapat merugikan kalian.

Bagaimana cara pakai AnyDesk?


Jika sudah yakin ingin menggunakan aplikasi AnyDesk, maka silakan lanjutkan membaca cara menggunakan aplikasi AnyDesk di bawah ini:

1. Pertama, kalian harus mendownload terlebih dulu aplikasinya di situs resmi AnyDesk

Cara Download AnyDesk

2. Lalu apabila sudah selesai didownload, silakan diinstal aplikasi AnyDesk tadi.

3. Jika sudah selesai melakukan penginstalan, sampai di sini seharusnya AnyDesk sudah bisa digunakan. Jika kalian ingin melakukan kontrol ke PC lainnya, tinggal masukkan Remote ID PC yang satunya pada kolom yang disediakan. Dan begitu juga sebaliknya, jika ingin rekan kalia mengendalikan PC-nya maka silakan memberikan Remote ID-nya kepada teman kalian.

Cara Menggunakan AnyDesk

4. Apabila kalian sudah selesai menggunakan aplikasi komputer remote ini, maka jangan lupa untuk melakukan shutdown seperti biasanya.

Penutup


Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai apa itu AnyDesk dan bagaimana cara menggunakannya. Dan seperti biasa jika kalian menemukan informasi baru, maka jangan lupa untuk share artikel dari Ilmu-Internet ini ke sosial media kalian ya! Masih ingin membaca? Silakan mampir ke artikel tentang cara membuat foto Polaroid ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments