Apa Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads? Simak Di Sini!

ILMU-INTERNET.COM – Pada era yang serba digital seperti sekarang ini, jika kedua platform media sosial Instagram dan Facebook menjadi primadona unggulan untuk menjadi media promosi lewat fitur Instagram Ads dan Facebook Ads. Lalu apa perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads? Manakah layanan yang paling efektif?

Sebenarnya letak perbedaan di antara Instagram Ads dan Facebook Ads itu terletak pada penawaran dan fiturnya saja.

Untuk lebih jelasnya, pada artikel ini akan membahas tentang perbedaan FB Ads dan IG Ads secara ringkas. Jadi pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai ya!

4 Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads

Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads
Table of Contents

Ada 4 perbedaan mendasar yang menjadikan Facebook Ads dan Instagram sedikit berbeda. Dan Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan menjelaskan perbedaan itu.

Perbedaan Demografi


Perbedaan IG Ads dan FB ads yang pertama terletak dari hasil survei demografi yang menyatakan jika sebanyak 50,8% didominasi oleh kaum hawa. Sedangkan sisanya sebanyak 49,20% pengguna Instagram adalah laki-laki.

Sedangkan demografi pengguna Facebook sedikit berbeda dengan pengguna Instagram, di mana pengguna Facebook memiliki rentang usia pengguna yang tak terbatas baik itu dari pengguna bocah hingga dewasa.

Tapi meskipun begitu apabila usaha yang sedang kalian ingin promosikan menargetkan pasarnya ke para wanita, maka penggunaan Instagram Ads akan sangat direkomendasikan dibanding dengan Facebook Ads.

Perbedaan Engagement


Engagement adalah sebuah fitur yang membuat adanya perbedaan antara Facebook Ads dan Instagram Ads. Engagement itu sendiri adalah berupa proses interaksi dari pelaku bisnis itu sendiri.

Setiap tahunnya, rate engagement yang terdapat pada Instagram selalu menunjukan grafik yang tinggi dan itu dikarenakan pengguna yang terus-menerus turut meningkat. Dan menurut data laporan dari Oberlo, ada sebanyak delapan puluh persen pengguna Instagram yang ada di seluruh dunia setidaknya sudah mengikuti paling sedikit satu akun bisnis.

Seiring meningkatnya users Instagram, engagement Facebook malah mengalami penurunan. Tapi biar begitu, engagement di Facebook Ads masih dinilai lebih membawa keuntungan. Itu semua karena para pelaku usaha bisa menentukan target yang sesusai dengan keinginannya.

Perbedaan Reach


Perbedaan selanjutnya antara Instagram Ads dan Facebook Ads terletak di reach-nya. Jika reach Instagram dibandingan dengan Facebook, maka Instagram akan sedikit unggul di sini. Karena Instagram itu memiliki reach organik lebih banyak dan itu semua karena dukungan dari fitur di Istagram yang sangat beragam seperti Suggestion for You dan juga Tagar.

Jelas kedua fitur yang dimiliki oleh Instgram ini bisa membantu untuk memperluas jangkauan setiap postingan atau informasi yang ingin disampaikan oleh para penggiat bisnis, dan dengan begitu produk yang diiklankan akan menjadi mudah dikenal di masyarakat yang menggunakan aplikasi sosial media itu.

Dan untuk Facebook sendiri juga mempunyai keunggulan reach yang cukup tinggi sehingga tingkat kesuksesan untuk memperoleh brand awareness semakin menjadi sedikit lebih mudah. Belum lagi dengan ada sebuah fitur yang bernama Facebook Manager, itu bisa membuat kalian dapat mentukan target audiens sendiri yang ingin dicapai.

Perbedaan jumlah unduhan


Perbedaan dalam segi popularitas antar kedua sosial media ini pada November 2020 yang silam tercatat Instagram sudah berhasil menembus lebih 1 miliyar unduhan dan untuk Facebook sendiri tercatat sudah menyentuh angka 2,17 miliyar.

Karena berdasarkan data angka-angka tersebutlah menjadi dasar mengapa Facebook masih bisa bersaing dalam hal pemasaran produk sampai saat ini.

Penutup


Nah itulah tadi beberapa perbedaan FB Ads dan IG Ads yang sudah kita bahas secara singkat di postingan blog Ilmu Internet kali ini. Memang sebagian dari kita sebagai pengguna biasa mungkin kadang sedikit terganggu dengan kemunculan ini dan rasanya ingin sekali menghapus iklan di Instagram ataupun di Facebook. 

Tapi fitur Ads pada Instagram dan Facebook ini nyatanya cukup membantu bagi UMKM yang kesulitan memasarkan produk atau jasa mereka. 

0 comments

Post a Comment