Tutorial Membuat foto Polaroid di Instagram, wah mudah banget!

Juni 26, 2022

Tutorial Membuat foto Polaroid di Instagram, wah mudah banget!

Membuat foto Polaroid di Instagram 


ILMU-INTERNET.COM – Hai teman-teman, apakah sedang mencari tentang tutorial membuat foto Polaroid di Instagram? Kalau benar begitu, maka saya akan membagikan cara membuat polaroid di hp dengan cara yang mudah banget! Jadi simak terus artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu Foto Polaroid?

Table of Contents
Sebelum menuju ke tutorialnya ada baiknya kita mencari tahu dulu tentang apa sih foto Polaroid itu dan apa perbedaan foto polaroid dan foto biasa. Jadi, foto Polaroid itu adalah foto dari hasil jepretan kamera Polaroid dan hasilnya langsung tercetak dari kamera. Biasanya, ukuran standar foto Polaroid itu standarnya berukuran 7,7 x 9,3 cm dan ada juga yang berukuran separuh dari ukuran 3r tepatnya berukuran 12,7 x 8,9 cm.

Dahulunya kamera Polaroid ini sangat populer loh, karena dari segi hasil jepretannya itu sangat Aesthetic banget dan mungkin hal ini juga yang jadi salah satu bedanya foto polaroid dengan foto biasa.

Sejarah Kamera Polaroid

Salah Satu Jenis Kamera Polaroid
Salah Satu Jenis Kamera Polaroid

Mengulas sedikit tentang sejarah singkat dari kamera Polaroid yang dikutip dari Wikipedia, orang yang pertama kali menemukan kamera Polaroid itu bernama Dr.Edwin Land. Di mana jepretan pertama kali menggunakan kamera Polaroid ini dilakukannya pertama kali pada tahun 1944.

Setelah sempurna rancangannya, kamera ini resmi di pasarkan pada tahun 1947 melalui perusahaan Polaroid Corporation dengan merk dagang Polaroid, dan ajaibnya sampai saat ini orang-orang tetap memanggil kamera sejenis ini dengan sebutan Polaroid  meski padahal merk dagang kameranya berbeda bisa sebut saja produk Fujifilm, mereka juga punya produk kamera yang instan sejenis Polaroid ini. Ya hal ini tuh bisa dibilang sama kasusnya dengan merk Odol, orang Indonesia biasa menyebut semua merk Pasta gigi dengan sebutan Odol.

Kamera Polaroid sendiri tidak menggunakan film yang biasa, melainkan menggunakan film khusus yang bernama film Polaroid dan film Polaroid yang bisa mencetak foto berwarna bernama film Polacolor. Kamera Polaroid yang bisa menghasilkan foto dengan waktu yang singkat, tapi sayangnya dia tidak menghasilkan negatif yang biasanya digunakan untuk mencucinya di studio foto.

Namun seperti roda kehidupan pada umumnya, kesuksesan Polaroid ternyata tidak lagi bertahan sampai sekarang. Karena sejak kemunculan kamera digital yang mulai menjamur, membuat kamera Polaroid mengalami penurunan omset hal itu dikarenakan minat orang-orang pada kamera Polaroid semakin hari semakin berkurang karena kalah pamor dengan kamera digital. 

Dan pada akhirnya, nasib perusahaan yang sempat mencicipi penjualan sebesar US$1.3 miliar dan memiliki 1000 hak paten lebih ini harus menelan pil pahit. Terhitung sejak tahun 1988 Polaroid Corporation mengalami kerugian terus menerus, hingga akhirnya Polaroid Corporation secara resmi menyatakan bangkrut pada tanggal 12 Oktober 2001.

Membuat foto Polaroid di Instagram


Di era sekarang tentu hampir semua bisa dilakukan, bahkan jika kalian ingin mempunyai sebuah foto Polaroid tanpa harus memiliki kamera Polaroidnya. Dengan bantuan sebuah aplikasi, kalian akan bisa memiliki hasil foto mirip Polaroid dan langsung bisa memamerkannya di Instagram kalian. Aplikasi apakah itu? Aplikasi itu bernama Canva, silakan mendownloadnnya melalui Google Playstore. Dan tidak perlu khawatir karena dalam penggunaan aplikasi Canva tidaklah serumit saat menggunakan software Photoshop, jadi kalian pasti bisa menggunakannya.

Lalu bagaimana cara membuat foto Polaroid melalui Canva? Simak tutorial di bawah ini:

  1. Sebelum memulai, pastikan kalian sudah mendownload aplikasi Canva di Google Playstore ya.
  2. Nah jika kalian sudah punya aplikasi Canva, maka silakan cari di bagian pencarian lalu ketikan kata “Polaroid”.
  3. Setelah itu, maka akan muncul berbagai template Polaroid yang bisa kalian pilih dari yang gratis sampai yang berbayar. Tentu yang berbayar akan terlihat lebih menawan, jika kalian menginginkannya maka silakan merogoh kocek untuk membelinya secara resmi.
  4. Apabila kalian sudah selesai melakukan pengeditan fotonya,  silakan memilih opsi langsung berbagi ke Instagram atau simpan di ponsel terlebih dahulu.
  5. Proses pembuatan foto Polaroid menggunakan Canva, selesai!

Penutup


Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara membuat foto Polaroid untuk Instagram. Adapun sumber-sumber pendukung artikel ini nantinya akan ditambahkan pada akhir artikel. Dan seperti biasa jika kalian mendapatkan Ilmu-Internet yang baru, jangan sungkan untuk membagikannya di sosial media kalian ya!

Sumber: Wikipedia

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments